Liga 1 Lebih Kompetitif Dibanding Premier League

Berbicara mengenai kompetisi sepak bola, tentu liga-liga Eropa menjadi kiblat bagi seluruh pecinta sepak bola di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kemajuan sepak bola di Eropa didukung oleh bagusnya iklim bisnis di sana dan baiknya manajemen klub, selain juga karena talenta yang bermain juga sudah kelas dunia. Namun berbicara tentang seberapa kompetitif sebuah kompetisi, Indonesia patut berbangga karena punya Liga 1, liga yang sangat kompetitif.

Di tahun 2019, Liga 1 mendapatkan sponsor utama dari e-commerce Shopee dengan Emtek Group sebagai pemegang hak siar. Ditengah keterpurukan sepak bola di Indonesia, mengapa Liga 1 bisa dinilai sebagai liga yang sangat kompetitif? Ini dia alasannya:

  • Kualitas Klub yang Berlaga Sama Rata

Liga 1 diikuti oleh 18 klub terbaik tanah air dengan kualitas yang hampir setara. Klub-klub besar dengan sejarah dan popularitas yang tinggi tidak menjamin akan mampu untuk bertahan di puncak klasemen, bahkan belum tentu bisa bertahan di Liga 1. Sebaliknya, klub promosi bisa jadi ancaman baru dengan didukung kekuatan finansial yang mumpuni dan stabilitas pemain yang lebih baik. Sebut saja Sriwijaya FC yang merupakan mantan juara liga dan turnamen nasional, saat ini mereka harus berlaga di kasta ke dua. Sementara Persija yang baru saja keluar menjadi juara di musim lalu, di musim ini harus terseok-seok berada di posisi 14 klasemen sementara. Jarak poin antar peringkat di klasemen juga sangat sengit dengan selisih yang sangat kecil.

  • Perombakan Tim Besar-besaran Setiap Musim

Jangan berharap banyak ketika klub favorit kamu sudah bermain bagus di musim lalu akan bermain bagus juga di musim ini. Bursa transfer yang terjadi di Indonesia lebih dinamis dibanding di Eropa. Siapa yang mampu membayar lebih, klub tersebut akan mampu membeli pemain bagus. Tidak heran jika banyak klub-klub juara yang harus terseok-seok karena berubahnya susunan pemain hampir lebih dari setengahnya.

  • Belum Stabilnya Manajemen Klub

Mungkin ini yang menjadi penyebab mengapa poin ke dua tadi bisa terjadi. Manajemen klub di sepak bola tanah air masih perlu banyak berbenah, termasuk regulator utama yaitu PSSI. Iklim bisnis di dunia sepak bola nasional tidak sesehat di Eropa. Masalah tunggakan gaji, fasilitas, penggelapan dana, pengaturan skor masih menjadi momok. Banyak klub yang memiliki keuangan yang tidak sehat membuat masa depan pemain tidak menentu.

Liga 1 memang kompetitif, tapi masih banyak kekurangan di sana-sini. Sebagai pecinta bola tanah air, kita perlu turut mendukung agar sepak bola kita bisa lebih maju. Salah satu caranya adalah tidak dengan menggunakan cara yang ilegal dalam menyaksikan tayangan Shopee Liga 1. Semua tayangan langsung Liga 1 saat ini bisa kamu akses di Vidio.com. Harga paket berlangganan di vidio.com sangat murah dan tidak akan membuat kantong kamu tiba-tiba tipis. Di vidio.com kamu juga bisa menikmati tayangan eksklusif seperti serial tv populer, film, hingga liga-liga kelas dunia. Ada pilihan paket yang bisa kau sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Dengan menonton di vidio.com, artinya kamu sudah ikut serta mendukung agar sepak bola di Indonesia lebih maju.

Bila kamu masih ragu, coba saja terlebih dahulu karena vidio.com menyediakan layanan percobaan gratis. Jadi dengan ini kamu bisa merasakan bagaimana keseruan tim favorit kamu berlaga tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *