Anak Terjatuh? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Memiliki anak pada usia balita yang aktif memang menyenangkan namun juga bisa membuat khawatir. Pasalnya, mereka sedang di masa ingin terus bermain, aktif bergerak, dan memiliki rasa penasaran terhadap hal-hal baru. Orang tua juga pasti tidak tega untuk membatasi aktivitas anak-anaknya meskipun kadang sangat khawatir dengan kesehatan si buah hati.

Dengan bertemu banyak teman dan melakukan banyak aktivitas baik di rumah maupun di luar, maka kemungkinan anak Anda sakit pasti ada. Untuk penyakit umum seperti pilek dan demam, Anda bisa menggunakan obat demam atau obat pilek resep dokter. Lalu, jika anak anda terluka karena jatuh saat bermain, apa yang bisa Anda lakukan?

Pertolongan pertama pada luka lecet

Saat anak Anda terluka usahakan agar Anda sendiri tidak panik. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menenangkan buah hati Anda. Bantu anak Anda berdiri dan pindahkan ke tempat yang aman. Berikan pengertian pada anak Anda agar dia merasa aman dan tenang. Setelah anak Anda tenang, barulah Anda dapat melakukan tindakan selanjutnya.

Inilah cara merawat luka yang benar. Jika si buah hati jatuh dan memiliki luka lecet, maka Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum melakukan penanganan. Cuci luka si buah hati dengan menggunakan air mengalir. Anda dapat mengelap luka dengan kain bersih maupun kasa steril secara hati-hati agar tidak terlalu sakit.

Setelah memastikan bahwa luka sudah dalam keadaan bersih, berikan cairan antiseptik atau obat luka pada bagian yang terluka. Antiseptik yang biasa dipakai umumnya adalah yang mengandung povidone iodine. Akan lebih baik jika Anda menggunakan antiseptik dengan kadar alkohol rendah atau yang tidak mengandung sama sekali. Memakai antiseptik yang mengandung alkohol membuat luka terasa perih.

Luka lecet akan lebih cepat sembuh jika dibiarkan terbuka. Namun, jika Anda anak sangat aktif bermain dan lingkungan mainnya mudah terpapar debu dan kotoran lain maka Anda perlu untuk menutup luka tersebut. Gunakan perban yang tidak lengket agar mudah dilepas dan diganti tanpa menimbulkan luka baru pada si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *