Cara Mudah Mengatasi Alergi Gatal-Gatal

Alergi adalah suatu bentuk respon sistem kekebalan terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya, bahkan jika tidak. Alergen atau zat alergi hanya memengaruhi penderita alergi. Pada orang lain, alergen ini tidak akan menyebabkan respons imun. Tingkat keparahan alergi juga bervariasi dengan setiap orang yang mengalami reaksi alergi ringan, dan beberapa dengan konsekuensi parah hingga fatal disebut anafilaksis. Jika Anda atau orang lain di sekitar Anda merasa gatal karena alergi, lihat cara mengatasi alergi berikut untuk pertolongan pertama.

Alergi dapat memiliki berbagai alasan. Alergi adalah zat asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, menghasilkan reaksi alergi. Reaksi alergi tidak muncul ketika tubuh pertama kali bertemu alergen atau alergen. Pada fase pertama, sistem kekebalan hanya akan mengingat antibodi dan kemudian merespons. Jika kulit diobati dengan alergen selama sepuluh hari atau lebih, ini biasanya merupakan alergi kulit.

Bagi mereka yang sudah memiliki alergi, penderita alergi dapat langsung mengalami gejala alergi saat terkena alergen. Tetapi gejala baru juga bisa terjadi 1-2 hari setelah terpapar alergen. Dalam beberapa kasus, alergi dapat menyebabkan reaksi fatal atau anafilaksis. Meskipun jarang, kita harus mewaspadai bentuk alergi anafilaksis. Selain memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, sakit perut, kelemahan tiba-tiba, pembengkakan leher dan mulut, dan tidak sadarkan diri. Jika anafilaksis tidak segera diobati, dapat menyebabkan kematian.

  1. Jangan menggaruknya
    Pertolongan pertama yang paling cocok untuk gatal, karena alergi, bukan untuk menggaruknya. Gatal karena alergi sebenarnya sangat mengganggu dan Anda pasti ingin segera menggaruknya. Namun jangan lakukan itu untuk kepentingan kulit Anda. Ini membuat alergi menjadi lebih buruk dan meningkatkan risiko infeksi kulit.
  2. Gunakan salep atau krim gatal
    Salep atau krim yang mengandung hidrokortison mengurangi rasa gatal atau mengurangi rasa gatal karena alergi yang Anda derita. Anda juga bisa menggunakan lotion kalamin.
  3. Mandi dengan air dingin
    Mandi dengan air dingin dapat mengurangi ruam kulit atau Anda juga dapat menggunakan kompres air dingin pada kulit yang alergi. Usap kulit dengan handuk bersih lalu gunakan pelembab. Jangan mandi dengan air hangat karena ini dapat memperburuk gejala alergi kulit.
  4. Kenakan pakaian yang longgar dan lembut
    Pakaian ketat bisa memperparah gatal pada kulit. Anda bisa mengenakan pakaian katun yang dingin dan nyaman di kulit. Hindari juga pakaian dari wol karena ini dapat memperburuk rasa gatal karena alergi Anda.
  5. Hindari penyebab alergi
    Anda akan mengalami alergi ketika tubuh Anda terpapar langsung dengan alergen. Jika Anda sudah tahu penyebabnya, Anda bisa mencegahnya sehingga tidak ada lagi alergi. Tetapi jika Anda tidak yakin, Anda bisa melakukannya dengan tes. Untuk mengetahui bahwa seseorang memiliki alergi terhadap barang atau makanan tertentu, tes diperlukan. Tes ini dilakukan dengan memberikan paparan alergen dalam jumlah terbatas untuk melihat respons tubuh.

Jika Anda merasa gatal karena alergi, segera hubungi dokter Anda. Hindari ruam kulit yang selalu gatal karena dapat menyebabkan infeksi kulit dan dapat menghambat proses penyembuhan. Tentu masih banyak sekali penyebab alegi tersebut datang, maka dari itu misalnya anda atau anak anda sering terkena alergi anda harus selalu waspada beberapa penyebab alergi itu sendiri. Seperti yang admin beritakan diatas jika alergi tidak kunjung menghilang anda perlu menghubungi dokter terdekat anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *