PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA

Seperti yang sudah di ketahui khalayak umum, bahwa narkoba memiliki efek yang sangat berarti jika digunakan tidak menggunakan resep dokter. Kesehatan fisik, emosional, maupun mental dapat terganggu ketika seseorang menyalahkan penggunaan narkoba. Karena natkoba ini dapat mengganggu sistem saraf pusat yaitu otak sehingga bisa terjadi kejang-kejang, gangguan kesadaran, halusinasi dan terjadi kerusakan pada saraf tepi. Tak hanya merusak sistem saraf pusat, penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak organ vital yang lainnya, salah satunya yaitu jantung. Akan terjadi gangguan peredaran darah dan juga infeksi akut otot pada organ jantung. Siklus haid yang tidak teratur pada perempuan juga dapat terjadi ketika seorang perempuan menggunakan narkoba tanpa adanya resep dokter. Narkoba juga dapat menyebabkan kematian apabila dipakai secara berlebihan. Dengan efek yang begitu dahdyat yang di timbulkan dari penyalahgunaan narkoba, maka harus ada langkah penanggulangaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Melalui pendidikan mengenai bahaya narkoba

Pendidikan mengenai bahaya narkoba sangat penting sekali di lakukan agar generasi muda saat ini tidak mudah terpengaruh oleh narkoba. Pendidikan bahaya narkoba yang di adakan akan memberikan efek takut pada anak untuk menyetuh narkoba. Sehingga mereka takut dan tidak akan pernah mencoba narkoba.

  1. Memfasilitasi bimbingan konseling

Dengan memfasilitasi bimbingan konseling jyang intensfi pada pelajar khusunya pelajar yang mengalami broken home, seornag anak dapat mencurahkan isi hatinya. Karena pada dasarnya kondisi lingkungan keluarga memang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Anak yang broken home cenderung senang bermain bersama temannya di luar rumah karena dia merasa tidak nyaman berada di dalam rumahnya. Nah, anak inilah yang rentan untuk terkena pergaulan yang buruk dan cenderung untuk menceritakan seluruh yang ia alami kepada temannya jika tidak ada orang yang dapat mendampinginya. Peran dari bimbingan konseling disini sangat penting sekali, karena dapat menjadi wadah bagi anak-anak yang broken home agar tidak merasa sendiri.

  1. Megadakan lomba film pendek dan musik dengan tema bahaya narkoba

Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) merupakan waktu yang tepat untuk menyelenggaran kompetisi ini. Generasi muda sekarang cenderung senang melihat film ataupun mendengarkan musik untuk menghibur diri dari banyaknya tugas di sekolah. Sebuah film bisa menggugah hati seseorang untuk sadar dengan apa yang dilakukan, begitu juga dengan musik yang dapat membuat seseorang terinspirasi dengan lirik yang ada di dalam lagu tersebut. oleh karena itu film dan musik merupakan media yang cocok untuk menggugah kesadaran orang-orang yang tidak menggunakan narkoba maupun yang menggunakan narkoba untuk sadar bahwa narkoba itu berbahaya. Tak hanya untuk tujuan itu, dengan adanya event ini juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia dalam berkarya, karena kebanyakan orang yang memiliki bakat tidak ada tempat untuk menyalurkan bakatnya tersebut. jadi dapat muncul seniman baru di dalam perfilman Indonesia. Dan begitu juga dengan seniman musik.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *