FAKTOR KRISIS AIR BERSIH

Kekurangan air atau biasa yang disebut dengan krisis air adalah jumlah sumber air yang kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan air di eilayah tertentu. Keadaan ini di tandai dengan adanya kekurangan dalam memenuhi air minum dan air segar serta sanitasi yang ada di wilayah tersebut. lebih spesifiknya jika daerah atau wilayah tersebut memiliki kekurangan air dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Kekurangan air ini juga memiliki konsep lain yang mengacu pada semakin sulitnya untuk memperoleh sumber air yang yang bersih dan menipisnya jumlah sumber air yang tersedia di suatu wilayah. Ada beberapa faktor yang menjadi alasan dari kekurangan sumber air ini, diantaranya adalah peningkatan polusi yang sekarang sudah banyak terjadi, penggunaan air yang berlebihan, dan perubahan iklim. Sekitar 2,7 miliar orang mengalami kekurangan air bersih, hal itu berkaitan dengan faktor diatas. ScienceDaily mengeungkapkan bahwa kelangkaan air sebagai salah satu bentuk tidak tercukupinya sumber daya air dalam memenuhi penggunaan air di wilayah atau daerah. Dan sudah berdampak pada setia benua dan sekitar 2,8 miliar orang di dunia setidaknya satu bulan dalam setiap tahun. Berikut merupakan beberapa penyebab dari kekurangan air bersih, yaitu:

  1. Over populasi

Populasi yang semakin meningkat akan berdampak pada permintaan sumber daya baru yang juga akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan sumber air bersih yang ada. Ini beraiktan dengan peningkatan populasi manusia juga meningkatkan pertumbuhan sektor industri.

  1. Polusi air

Polusi air ini disebabkan oleh pestisidan, limbah industridan manusia yang langsung di buang ke sungai, pupuk yang hanyut dari pertanian, terjadinya kebocoran air limbah dari tempat pembuangan sampah, dan tumpahnya minyak di tanah.

  1. Pertanian

Di dalam lingkup pertanian, mayoritas yang digunakan adalah air tawar. Namun, 50% air ini terbuang karena metode metode pertanian yang digunakan tidak efisien dan juga sistem irigasi yang digunakan bocor. Dan ini juga berdampak pada populasi air karena pestisida dan pupuk ikut hanyut di sunga maupun danau.

  1. Penggunaan air secara berlebihan

Masalah terbesar yang seharusnya di tangani ini adalah penggunana air secara berlebihan. Maka kesadaran dari sendiri dan saling mengingatkan adalah salah satu cara untuk menguranginya.

  1. Konflik

Apabila terjadi konflik di suatu daerah, memungkinkan dalam mengakses air yang tersedia di daerah tersebut.

  1. Kekeringan

Kekeringan merupakan suatu kondisi di suatu daerah tertentu tidak mendapatkan curah hujan yang cukup. Kekeringan ini bisa terjadi secara abadi namun juga ada yang hanya pada kesempatan tertentu saja, tergantung geografisnya.

  1. Jarak

Ada beberapa daerah yang jauh dari jangkauan air bersih. Daerah terpencil atau daerah yang di anggap gurun mungkin tidak dapat memperoleh air secara efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *