Menilik Kisaran Harga Aki Kering dan Tips Memilihnya

Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua dan salah satu transportasi yang banyak dipilih. Sepeda motor memiliki komponen mesin sebagai peningkat kerjanya dan untuk membuat semuanya dapat berfungsi maka motor membutuhkan aki. Aki sebagai penyimpanan energi listrik yang dapat menyuplai dan menstabilkan kelistrikan motor. Aki juga memiliki proses secara elektro kimia untuk menyimpan energi listrik. Beberapa produsen aki seperti Yuasa, GS, Astra, Toy dan GiSi dan menawarkan harga aki kering yang lebih murah. Aki yang awet biasanya dirawat dan jika rusak maka segera dapat diganti supaya motor dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa merek aki sudah terjual pada situs jual beli online terpercaya, harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Namun belum banyak yang mengetahui cara memilih aki dengan benar, berikut adalah tipsnya:

  • Sesuaikan jenis aki yang akan digunakan, pengguna dapat membacanya pada buku panduan manual sepeda motor dan akan mengetahui jenis aki yang cocok untuk motor supaya motor memiliki performa yang baik.
  • Pilihlah aki yang dibuat oleh perusahaan merek ternama walaupun harganya sedikit mahal, tetapi hal ini tidak akan membuat kecewa pembelinya dan pastikan membeli aki yang asli.
  • Perhatikan tanggal produksi aki dan masa kadaluarsanya, aki yang baik mempunyai kurang dari enam bulan dari tanggal produksi dan aki yang berusia tua berada dalam kondisi yang lemah.
  • Cek ukuran tegangan yang dimiliki, hal ini untuk menghindari adanya kejadian buruk terhadap komponen motor lainnya dan biasanya produk aki memiliki tegangan listrik berkisar 12,6V hingga 12,8V.

Selain beberapa diatas, perhatikan harga aki yang ditawarkan sesuai dengan kualitasnya. Harga mahal tidak menjadi kualitas sehingga pembeli harus cerdas dalam memilih. Selain aki kering, ada jenis aki motor lainnya yaitu aki basah. Aki basah ini menggunakan air keras untuk bahan elektrolitnya dan jika kekurangan cairan maka tidak dapat menyimpan energi listrik dengan benar dan pastikan mengisi ulang cairan elektrolit kembali hingga kapasitas sesuai dengan standar.

Setelah mengetahui beberapa cara memilih, ketahui juga beberapa harga aki kering diantaranya:

  • Aki kering Yuasa YT7C Rp145.000.
  • Aki kering Yuasa YTZ5S untuk motor matic Rp185.000.
  • Aki kering GTZ5S GS Astra Rp230.000.
  • Aki kering GS Astra GTZ7V MF Satria-FU dan Vario 125 Rp245.000.
  • Aki kering GS Astra GT6A untuk motor bebe Rp175.000.
  • Aki Tiger GS Astra GM7B 4B 7Ah/10Hr ode 700399 Rp265.000.
  • Aki kering GM5Z Toyo Rp130.000.
  • Aki GiSi GM5Z 3B untuk motor bebek Rp125.000.
  • Aki kering GiSi GTZ 5S untuk motor matic Rp140.000.

Beberapa harga aki diatas sudah terdapat pada situs jual beli online terpercaya dengan mudah. Aki diatas ditawarkan dengan harga yang berbeda pada situs online yang berbeda pula. Aki ini mampu membantu komponen mesin menyala dengan baik seperti starter, lampu depan, lampu tanda, klakson. Aki ini sangat penting untuk motor supaya tidak kesusahan dalam menyalakan motor dengan manual, starter membuat motor secara otomatis lebih cepat menyala.

Harga aki kering diatas sudah sesuai dengan kualitasnya, pengguna juga harus merawat aki kering ini supaya tetap awet. Usahakan sering menggunakan motor supaya sistem pengisian listrik tetap terjadi dan menghasilkan penyuplai listrik yang stabil. Gunakan elektrik starter setiap hari dan saat memanaskan sebaiknya menggunakan kick starter. Selain itu tetap hindari jalanan rusak yang dapat memberi goncangan dan membuat kerusakan pada sel rusak pada komponen aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *