Hal Penting Dalam Perkembangan Bayi Baru Lahir

Menjadi seorang ibu itulah hal yang menjadi sangat membahagiakan bagi anda pastinya. Pastinya saat ini anda sedang mencari berbagai informasi mengenai tahap – tahap perkembangan bayi baru lahir yang bisa anda perhatikan. Semakin besarnya anak anda pastinya anak anda akan lebih aktif lagi dan mencoba hal – hal baru yang terkadang bisa membuat anda pada ibu menjadi khawatir. Namun anda tidak perlu merasa khawatir pasalnya hal tersebut pasti akan dialami oleh semua anak, karena dengan adanya hal – hal tersebut bisa merangsang pertumbuhan anak anda. Namun jika anda melihat hal – hal yang tidak wajar anda bisa membawa anak anda untuk anda konsultasikan bersama dengan dokter, sehingga anak anda bisa tumbuh sesuai dengan bagiannya dan tidak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan. Anda merupakan salah satu orang yang bisa mendampingi setiap proses yang di alami anak anda.

Perkembangan bayi baru lahir dimulai setelah bayi lahir yaitu normalnya bayi lahir dengan berat badan 2,4 sampai dengan 4,1 kg yang mempunyai ukuran panjang badan 46 – 55 cm. Kepala bayi cenderung terlihat lebih lonjong, namun hal ini wajar karena bayi baru saja melewati jalan lahir nantinya seiring berjalannya waktu kepala anak anda bisa kembali ke bentuk sempurna jadi ana tidak perlu merasa khawatir tentang hal yang satu itu. Tentunya bayi anda masih sedikit dalam bergerak masih menunjukan hal – hal baru yang bayi coba lakukan. Namun untuk bisa menjaga kesehatan bayi agar tetap sehat dan tumbuh menjadi anak yang normal, maka anda harus memperhatikan kesehatan sang bayi. Anda harus sering memberikan imuniasasi kepada anak anda, anda bisa memabawanya ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi. Bayi lahir biasanya akan langsung diberikan imunisasi seperi Hepatitis B, Polio, dan BCG. Nantinya anak anda harus mendapatkan imunisasi lainnya seperti DPT, tentunya anak anda akan mendapatkan imunisasi tersebut sesuai dengan jadwal yang ada.

Jika anak anda bisa mendapatkan imunisasi secara lengkap nantinya bisa digunakan untuk merangsang antibody yang ada sehingga anak anda akan mempunyai kekebalan tubuh yang sangat baik sehingga tidak mudah sakit. Masalah yang sering timbul adalah penyakit kuning, sehingga sangat dianjurkan untuk anda menjemur anak anda ketika pagi hari. Untuk bisa menjaga ikatan batin ibu dan anak kuat, anda bisa melakukan inisiasi menyusui dini, yang bisa digunakan untuk menjaga ikatan batin, mempercepat proses pemilihan setelah kelahiran dan tentunya untuk memberikan kebutuhan makanan pada bayi. Tentunya anda harus memberikan asi ekslusif selama 6 bulan tanpa memberikan pendamping makanan lainnya. Itulah perkembangan bayi baru lahir yang perlu anda perhatikan sehingga anak anda bisa tumbuh optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *